Rabu, 28 Desember 2016

contoh meresensi cerpen

Kelinci yang Hidup Rukun
Judul Buku                   : Keluarga Kelinci
Penulis                         : Drs. Razalli, M.Pd.
Penerbit                      : Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar
                                      Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
                                      Departemen Pendidikan Nasional

Cetakan                       : 2009
Jumlah Halaman         : 22

                Buku ini dapat dijadikan sebagai bacaan yang mengandung pelajaran. Pembaca diajak untuk melihat dan mengetahui kehidupan keluarga kelinci di dalam hutan. Keluarga kelinci tersebut terdiri dari 4 bersaudara. Suatu ketika 2 kelinci dihasut oleh hewan lainnya sehingga mereka terhasut dan menjadi bertengkar.
            Pada awalnya keluarga kelinci ini hidup dengan rukun, mereka berbagi pekerjaan rumah setiap harinya. Tetapi pada suatu hari ada seekor monyet dan seekor anjing yang ingin menghancurkan kerukunan keluarga kelinci itu, lalu mereka menyusun rencana untuk menghasut 2 ekor kelinci agar kelinci itu membenci saudaranya sendiri. Akhirnya monyet dan anjing berhasil menghasut 2 ekor kelinci tersebut dan membuat mereka menjadi iri kepada 2 saudaranya. Setelah kejadian tersebut keluarga kelinci itu bertukar pekerjaan rumah, tetapi ternyata tugas yang mereka lakukan sama beratnya. Lalu monyet dan anjing mendapat balasan atas apa yang telah mereka lakukan. Pada akhirnya keluarga kelinci tersebut hidup rukun kembali.

            Buku ini dapat mengajarkan kita untuk tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, dan tidak menjadi orang yang iri hati terhadap sesama saudara ataupun yang lainnya, dan mengajarkan kita untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan tulus dan ikhlas. Buku ini patut dibaca oleh segala kalangan dari mulai anak anak hingga orang dewasa. Terlepas dari kelebihannya buku ini tidak memiliki kekurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar